Daftar Isi

Minggu, 06 Februari 2011

Cara membuat keyboard shortcut di virtual dj

Cara membuat keyboard shortcut di virtual dj

Nah sekarang saya mau share gimana cara nambahin shortcut. Biar apa sih bro make shortcut?? pertanyaan bagus. kamu tahu kan kan ngedj pake virtual dj tuh alat cuma mouse ma keyboard untuk prosesenya. sementara kalo kamu cuma pake mouse jadi kurang maxsimal.
coba misanya kamu mau Ngecilin bass lagu di deck 1 ma deck 2 secara bersamaan, bisa gak? gak bisa kan. Itulah makanya harus pake keyboard. Jadi shortcut keyboard itu sama halnya dengan mixer hardware, supaya lebih memudahkan kita saat djing atau mixing.

Trus gimana cara bikinya,bro?
pertama tentukan dulu mana aja yang mau kamu bikin shortcutnya yang penting-penting aja. seperti:

Deck 1 or dect 2

Bass (low)
hight (treble)
mid (medium)
naikin ama ngurangin (+) and (-)
-------------------
Level volume
untuk deck 1
untuk deck 2
Oke saya kasih step yang simple aja
1. click config menu
2. klik tab KEYBOARD SHORTCUT
3. Nah kan pada kelihatan tuh list keyboard shortcut. Cek dulu kalo udah ada, trus kayaknya ribet ganti aja sesuka kamu yang penting enak dengan click CHANGE di sebelah kanan atas. Kalo mau nambahin Click aja ADD, trus pilih item itemnya lihat gambar disini. Lo tambahin yang penting-penting aja seperti bagian:

a. equalizers
b. Mixer
c. system volume

bagian-bagian inilah yang penting kita rubah atau kita tambah buat ngedj. Crossfader perlu gak bro di bikin? terserah lo bro.
Cuma crosfaders jarang di pake buat ngdj kecuali buat scratching.yang sering banget tuh VOLUME LEVEL (naik/turun)

saya dah coba bikin bro, tapi bingung soal hitunganya yang di (VALUE = 0 ) gimana ngisinya? gini bro:
sekarang kamu mau bikin shortcut untuk fungsi apa, Bass??
oke. bass kan naik sama turun. Naiknya seberapa and turunnya seberapa. mo sedikit pa banyak.

Jadi kalo klo mau bikin buat BASS turun dikit-dikit centang Value= -64 atau -128, -256 dan sebaliknya kalo mo set BASS naik tinggal rubah tanda (+) contoh:

Set untuk BASS deck 1 : Value =+64
lalu click di area KEY  dan tekan di keyboard shortcutnya bebas misal tanda PANAH KE ATAS untuk bass naik. Nilai itu sebenarnya perkalian BEAT yaitu 4 beat. makin besar nilai yang di berikan makin banyak responya. Click oke jika sudah, lalu tes. Untuk membuat shortcut lainnya langkahnya sama hanya nilainya aja yang di rubah

jika kurang tinggal rubah nilainya yang genap perkalian 4 beat. kalau +64, kurang rubah aja ke +128 or -128. Bisa juga lo bikin 2 shortcut beda tombol tapi dengan fungsi yang sama, namun nilai berbeda. paham ngak ya? yang gak paham boleh kopi darat aja sama saya di SURABAYA. kalo kamu tinggal jauh dari temapat saya. saya terbuka kok. kita bisa sharing soal ngedj.

1 komentar: